Sabtu, 29 Oktober 2011

Lomba Poster Hari Keshatan Nasional ke-47


Car Free Day, Solo, 30 Oktober 2011 – ada yang berbeda hari ini, di jalan slamet riyadi Solo. Hari minggu yang merupakan waktunya car free day, ini terasa ada yang lain. Bila biasanya kita melihat orang-orang berlalu lalang untuk jalan kaki, jogging, atau bersepeda. Kalaupun ada acara biasanya ada pawai-pawai seperti itu.

Namun ini ada yang berbeda, di jalanan depan BRI Slamet Riyadi sampai Hotel Dana ada beberapa anak remaja duduk berbaris membungkukkan tubuh sambil menekuni sesuatu. Setelah dilihat lebih dekat ternyata mereka sedang menggambar.

Dan di bawah jembatan laying tak jauh dari mereka terhmapar backdrop ukuran besar yang bertuliskan “LOMBA POSTER ANTI ROKOK, ANTI NARKOBA, ANTI HIV/AIDS”

Tak jauh dari para peserta yang sedang asyik menggambar ini, terlihat beberapa panitia yang mengenakan kaos putih dan atribut berwara merah.
di sana kami bertemu dengan Ari Probandari, dr. yang menjelaskan tentang acara ini. Acara ini adalah acara salah satu dari rangkaian acara yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-47. Panitia acara ini adalah gabungan dari berbagai institusi kesehatan di kota Solo, termasuk Fakultas Kedokteran UNS. Dengan ketua adalah Prof. Fanani, dengan coordinator sie ilmiah hartono,dr.
Lomba ini dibagi dalam 3 kategori, Kategori SLTP ANTI ROKOK, kategori SLTA ANTI HIV/AIDS, kategori KARANG TARUNA ANTI NARKOBA. Dengan ketentuan lomba jam 06.00-08.45, dengan kertas disediakan oleh panitia. Pengumuman tanggal 2 november lewat website. Juri dari substansi posterBadan Kesehatan,  Konsep Poster dari ISI dan Media. Sehingga yang dinilai bukan hanya gambar tapi juga substansi poster yang ingin disampaikan. Peserta berasal dari siswa SMP, SMA, dan anggota Karang Taruna se kora Surakarta. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran, dengan jumlah pendaftar SMP 63 orang, SMA 53 orang, Karang Taruna 19 orang.

Hadiah yang diberikan pada perlombaan ini antara lain Juara I mendapat uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000+piagam penghargaan, Juara II mendapat uang pembinaan sebesar Rp750.000,00+piagam penghargaan dan juara III mendapat uang pembinaan sebesar Rp 500.000,00+piagam penghargaan. Dan tiap kategori diambil juara I, II, dan III. Lima besar karya dari masing-masing kategori akan dipamerkan pada saat upacara Hari Kesehatan Nasional tanggal 12 November nanti.

Menurut, Fana, SMP Marsudirini, mengatakan berminat ikut acara ini karena ingin ikut mensukseskan program anti rokok. Sedangkan menurut Kesi, dari SMA 7 Surakarta, melalui posternya ingin menyampaikan bahwa hindari HIV, karena jika kena HIV membuat teman-temannya menjauh darinya.

Selain Lomba poster juga ada acara lain, seperti Jalan Sehat, Seminar Nasional 13 November, Seminar tentang Merokok 20 November, Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang menurunkan angka kematian ibu dan bayi dengan sasaran mahasiswa D3, D4, S1 bidang kesehatan serta karyawan di bidang kesehatan di kota Surakarta.

Pada kesempatan tersebut teman-teman dari BEM FK UNS, Scarta, Kastrat dan Erythro sebagai anggota civitas akademika FK UNS ikut membantu berjalannya acara.(/erythro)


1 komentar:

  1. Uwaaah, setelah lima bulan baru update lagi! :D

    BalasHapus